Kebaya Brokat Tetap Awet, Berikut 6 Tips Merawatnya

kebaya brokat

Merawat kebaya brokat tidak boleh sembarangan. Karena kebaya adalah salah satu fashion yang perlu perawatan khusus. Tidak bisa disamakan dengan pakaian lainnya.

Bagi Anda yang memiliki banyak koleksi kebaya brokat tapi tidak tahu bagaimana cara merawatnya, baca artikel ini hingga akhir. Karena ada cara merawat kebaya bahan brokat agar tetap awet.

Cara Merawat Kebaya Brokat 

Memang gampang-gampang sulit. Inilah cara merawat kebaya brokat agar tetap awet :

1.      Cek Noda di Kebaya

Sebelum merendamnya, Anda harus memeriksa secara menyeluruh. Bagian mana yang terdapat noda. Agar proses pembersihan noda bisa maksimal tanpa harus mengucek kebaya secara keseluruhan.

2.      Hindari Menggunakan Mesin Cuci

Kebaya menjadi salah satu pakaian yang tidak boleh menggunakan mesin cuci untuk membersihkannya. Apalagi jika kebaya tersebut menggunakan banyak payet. Mesin cuci akan merusak tatanan payet yang telah tersusun dengan susah payah.

3.      Menggunakan Sampo Bayi

Mencuci kebaya dengan deterjen berbahan justru akan merusak kebaya. Selain membuat warnanya cepat pudar, juga bisa merusak serat kain dan membuat payet terlepas. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan sampo bayi dengan bahan yang lembut.

Atau bisa menggunakan deterjen alami yang biasa menjadi sabun untuk mencuci batik. Terbuat dari bahan alami tumbuhan yang tidak merusak kain ataupun payet.

4.      Hindari Mengucek atau Memeras

Mencuci kebaya sebenarnya bukan hal yang sulit. Karena hanya perlu merendamnya beberapa menit saja langsung bilas. Tanpa harus mengucek atau memerasnya. Karena mengucek dan memeras akan membuat payet yang menempel menjadi terlepas.

5.      Jangan Menjemur di Bawah Terik Matahari

Hindari menjemur kebaya di bawah terik matahari. Karena selain akan membuat warna kain pudar, juga akan merusak tatanan payet. Keringkan kebaya dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh. Mungkin memang agak lama. Tapi ini akan membuat kebaya lebih awet dan tahan lama.

Setelah kering, simpan di tempat yang kering. Dan jauhkan dari benda-benda tajam yang akan merusak kebaya.

6.      Cuci dengan Metode yang Tepat

Jika kebaya benar-benar kotor dan membutuhkan pencucian, pastikan untuk mencucinya dengan metode yang tepat. Pertama, rendam kebaya brokat dalam air hangat yang telah dicampur dengan deterjen yang lembut. Biarkan selama 15-30 menit untuk melunakkan kotoran. Setelah itu, gosok lembut kebaya dengan tangan atau menggunakan sikat lembut. Jangan pernah memutar atau meremas kebaya brokat, karena dapat merusak benang. Setelah dicuci, bilas kebaya dengan air bersih hingga benar-benar bersih. Hindari menjemur kebaya  di bawah sinar matahari langsung, karena dapat membuat warnanya memudar.

 

Bila anda ingin menjahit kebaya brokat dapat menghubungi lely kebaya via wa.me/6281385747255

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LELY KEBAYA.COM | PERLU BANTUAN ? SILAHKAN TEKAN TOMBOL CHAT WHATSAPP  YANG KAMI SEDIAKAN