Jahit Kebaya Memang Gampang-gampang Susah ?

Jahit Kebaya Memang Gampang-gampang Susah ?

Jahit Kebaya Memang Gampang-gampang Susah, Ini 4 Tips Mudahnya

Jahit kebaya memang gampang-gampang susah. Sebabnya bahan kebaya tidak seperti bahan lainnya. Terutama jika menggunakan bahan brokat atau kain lain dengan tekstur yang licin dan sulit diatur. Perlu trik khusus jahit kebaya agar hasilnya maksimal.

Tips Jahit Kebaya dengan Mudah

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba jahit kebaya, tidak ada salahnya menerapkan beberapa trik ini agar hasilnya terlihat pas dan cantik :

  1. Menggunakan Teknik Jahit Kampuh Balik

Bagi yang baru mengenal istilah ini, jahit kampuh balik adalah teknik menjahit dengan cara membalikkan dua kali jahit, lalu kemudian dibalikkan. Teknik ini dilakukan untuk bagian-bagian tertentu yang nampak dari luar. Tujuannya adalah agar terlihat lebih rapi.

  1. Menggunakan Koran Sebagai Alas

Koran bisa berfungsi sebagai fondasi jahitan pada kebaya. Bertujuan agar kain kebaya tidak mengkerut sehingga menghasilkan jahitan yang lebih rapi. Terutama untuk kebaya-kebaya yang press body atau terlihat pas di badan.

Tanpa menggunakan koran, kebaya dengan bahan seperti brokat akan sulit menjahitnya karena cenderung mengkerut. Selain koran, Anda juga bisa memanfaatkan kertas bekas karung semen yang telah bersih.

  1. Perhatikan Teknik Menyetrika

Setelah proses menjahit selesai, biasanya akan langsung berlanjut ke proses menyetrika agar kebaya terlihat lebih rapi. Namun teksturnya yang tipis membuat kebaya cenderung tidak tahan panas.

Pastikan Anda menggunakan alas untuk mengurangi panas dari setrika. Jangan lupa gunakan suhu yang rendah agar kebaya tidak terbakar atau berubah warna.

  1. Kurangi Ukuran

Ada beberapa bahan kebaya yang memiliki daya mikir sangat tinggi. Seperti brokat atau tulle paris. Anda bisa mengurangi ukuran sekitar 1 centimeter dari ukuran yang sebenarnya. Agar ketika jadi tidak terlalu longgar dan bisa pas sesuai ukuran.

  1. Jangan Gunakan Mesin Cuci

Ada kalanya perlu pencucian terlebih dahulu sebelum pelanggan mengambil kebaya pesanannya. Jangan menggunakan mesin cuci untuk mencuci kebaya. Karena bisa membuat detailnya rusak. Gunakan tangan untuk mencuci secara manual dan keringkan di tempat yang teduh. Jangan terkena matahari secara langsung.

sumber : artikel lelykebaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SELAMAT DATANG DI WEBSITE LELY KEBAYA.COM | PERLU BANTUAN ? SILAHKAN TEKAN TOMBOL CHAT WHATSAPP  YANG KAMI SEDIAKAN